Friday, August 28, 2015

Rahasia Menegosiasikan Gaji Yang Lebih Tinggi

Trik negosiasi gaji

Jangan menerima pembayaran yang tidak sesuai dari apa yang kita pantas dapatkan, berikut adalah rahasia untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

Apakah kita mempersiapkan diri untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi?

Antara umur 18 – 25 tahun, saya menjabat berbagai peran di bank besar regional, dari manajer cabang hingga wakil pimpinan eksekutif. Sementara saya dipromosikan lebih dari belasan kali ke berbagai departemen dan nilai gaji, ada satu hal yang selalu konsisten: gaji saya selalu 40% lebih dari rekan-rekan saya dan dalam satu contoh, lebih dari 75% lebih tinggi dari orang-orang dalam jabatan yang sama.

Selama bertahun-tahun saya belajar trik negosiasi gaji yang mungkin dapat membantu kita memastikan bahwa kita mendapatkan gaji yang pantas kita dapatkan ketika kita dipekerjakan.

Negosiasi gaji selalu seputar lima pertanyaan dasar ini. Semakin banyak kita tahu, semakin kita dilengkapi lebih baik lagi untuk bernegosiasi sesuai keinginan kita, dan semakin kecil kemungkinan kita kehilangan pekerjaan dimana kita sudah bekerja keras.

Berapa gaji pada jabatan tersebut?

Jadilah realistis dan carilah informasi tentang berapa gaji pada jabatan itu. Memahami berapa gaji sesungguhnya pada seseorang yang melakukan pekerjaan itu akan memungkinkan kita untuk memiliki harapan yang benar.

Kesalahan yang dibuat karyawan saat menegosiasikan gaji adalah kesalahpahaman mereka memberikan nilai pada jabatan yang mereka lamar, sebaliknya, fokus mereka didasarkan pada gaji mereka saat ini dan peningkatan yang ingin mereka dapatkan.

Apakah dampak yang akan kita buat?

Sebuah perusahaan biasanya mau berunding lagi dengan orang-orang yang berdampak langsung dengan usaha mereka. Terlepas dari apakah ada susunan bonus atau insentif tinggi, setiap perusahaan menginginkan orang tersebut bukan hanya membayar untuk diri mereka sendiri tetapi juga membawa keuntungan bersih dalam bisnis.

Memahami posisi yang kita lamar memenuhi syarat tersebut dan apa dampaknya, besar kemungkinan kita akan mendapatkan negosiasi gaji yang sesuai keinginan, terutama jika kita memiliki catatan yang mendukung dalam jabatan yang sama di tempat lain.

Berapa kisaran gaji untuk pekerjaan tersebut dalam perusahaan kita?

Sebagian besar perusahaan memiliki kisaran gaji untuk setiap pekerjaan. Kembali di hari perbankan saya, kami biasanya membayar manajer yang bekerja untuk saya rata-rata 650 juta per tahun tetapi kisaran bervariasi secara drastis untuk jabatan yang sama. Kisaran terendah untuk posisi tersebut 580 juta per tahun dan tertinggi 1 milyar lebih per tahun – untuk pekerjaan yang sama persis.

Memahami ada kisaran gaji untuk jabatan yang kita lamar akan sangat membantu dan memungkinkan kita untuk mengetahui batasan gaji manajer yang dipekerjakan – dan apabila layak mendorong persetujuan lebih lanjut.

Negosiasikan gaji kita dengan hati-hati.

Apakah kita pantas untuk lapangan kerja di luar?

Terlepas apakah kita dibawa orang dalam atau rekrutan luar, mengetahui berapa orang lain akan menggaji kita untuk bekerja pada perusahaan mereka memungkinkan kita mengetahui nilai kita dalam bursa kerja saat ini, dan karena itu akan memungkinkan kita untuk bernegosiasi dengan baik pada promosi selanjutnya.

Saya sangat menyarankan setiap orang untuk melamar posisi yang diinginkan selama ini atau satu langkah diatas mereka setidaknya sekali setiap dua atau tiga tahun. Dengan memahami berapa orang lain bersedia bayarkan, kita dapat menilai bagaimana skala gaji perusahaan tempat kita bekerja dan dapat merasakan bagaimana kita telah bekerja keras. Mengetahui apakah kita pantas untuk lapangan kerja di luar adalah alat yang berharga dalam negosiasi gaji.

Dengan siapa kita bernegosiasi?

Negosiasi adalah selalu antara dua orang. Dan tahu siapa orang di seberang kita, termasuk jabatan dan batasan dalam otoritas mereka, memungkinkan kita mengetahui apakah dia adalah orang yang tepat untuk membantu mencapai apa yang kita inginkan.

Saya secara pribadi menyadari itu ketika saya interview dengan bagian HRD, saya tidak akan mendapatkan gaji yang saya inginkan, dan dalam beberapa kasus saya bahkan mengatakan tidak ada jalan lain. Namun, ketika saya duduk di depan manajer personalia yang tepat, saya akhirnya menyerah dan mengatakan bahwa saya tidak bisa bekerja disana untuk kurang dari jumlah dollar tertentu.

Seseorang yang perannya mempekerjakan orang-orang yang tepat sebagai bagian dalam tim mereka lebih peduli dan lebih memungkinkan membayar lebih untuk orang yang tepat pula. HRD, sebaliknya, berfokus dalam mengisi lowongan dan tidak punya kepentingan dalam melihat orang sukses.

Apa arti semua ini?

Pada akhirnya, perlu diingat bahwa ada yang lebih daripada gaji yang ditawarkan dalam sebuah pekerjaan, seperti pengalaman itu sendiri, hubungan potensial dengan perusahaan, atau bahkan mungkin kepemimpinan besar yang kita akan bekerja dibawahnya.

Kecuali jika kita berencana untuk bekerja lebih dari lima tahun, pastikan kita memahami apa alasan kita benar-benar menyerah sebelum akhirnya menurunkan sebuah tawaran yang mungkin tampak terlalu rendah.

Berbekal pengetahuan ini, negosiasi gaji kita akan berjalan lancar dan berakhir dengan gaji yang lebih tinggi daripada yang kita miliki jika kita menerima tawaran pertama.

sumber gambar : zi murg

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname