Sunday, August 9, 2015

I Love Monday! Mengatasi Sindrom Hari Senin di Tempat Kerja

I Love Monday

Jika setiap karyawan ditanya hari apa yang tidak difavoritkan dalam satu minggu, mereka akan memilih hari Senin. Tapi apa yang membuat hari ini menjadi tidak menarik? Bukankah justru ini mewakili pekan kerja yang menantang?

Kita melihat tumpukan file dalam inbox email kita dan reaksi pertama kita adalah ingin berlari dan berteriak sekencang-kencangnya. Walaupun mungkin terdengar seperti solusi yang sempurna untuk itu, mungkin juga tidak. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk menjadikan hari senin menjadi menyenangkan.

Senin gila-gilaan

Jadi apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari senin pagi menyedihkan ini? Memperhatikan dengan seksama tips berikut sebagai sebuah permulaannya.

Jangan kewalahan

Ketika emosi negatif bertemu dengan urusan bisnis, maka tidak ada hal yang positif keluar dari sana. Bukan hanya mempengaruhi penilaian kita akan sesuatu, juga akan menodai motivasi dan menghambat produktivitas.

Tahu apa yang diharapkan

Jika kita tiba di meja kerja kita setiap minggu dan berharap untuk mulai dengan catatan yang bersih, maka kita siap untuk kejutan yang buruk. Tidak hanya menipu diri sendiri, tetapi juga menyiapkan kekecewaan. Selalu persiapkan diri agar memiliki hal-hal terakhir untuk dilakukan.

Mengatasi masalah darurat…kemarin

Jika pemimpin bank menjawab sebuah permintaan mengenai kemungkinan perpanjangan kredit bagi perusahaan kita, telepon dia kembali sesegera mungkin. Jangan menunda apa yang bisa berpotensi untuk membantu pertumbuhan perusahaan anda dan pengembangannya. Uruslah tugas penting sekarang – hal-hal sepele bisa menunggu.

Prioritaskan tugas-tugas anda

Setiap tugas memiliki tingkat kepentingan masing-masing. Gunakan ini sebagai patokan untuk to-do-list kita. Jika tugas yang dimaksud dapat berpengaruh serius pada perusahaan, jangan menundanya. Dengan kata lain, tanggapi kebutuhan klien terlebih dahulu sebelum mengambil waktu untuk membersihkan microwave kantor misalnya. Menangkap maksudnya? Prioritaskan.

Siapkan sebuah to-do-list

Mencatat tugas-tugas kita saat ini akan meringankan pikiran karena kita akan mampu bergerak maju dengan langkah mantap. Siapkan checklist standar pada setiap hari atau mingguan dan memperbaharuinya dengan tugas-tugas baru yang datang.

Selesaikan semuanya pada hari Jumat

Jika setiap Senin pagi biasanya sesibuk pintu tiket di pertandingan sepak bola, maka selesaikan segala sesuatu pada hari Jumat. Jangan takut untuk menghitung angka-angka tepat sebelum akhir pekan – jernihkan pikiran dari tugas-tugas yang belum selesai dan nikmati libur sampai kita kembali.

Rencanakan beberapa waktu 911. Tidak tahu apa yang saya maksud?


Rencanakan beberapa waktu darurat

Sebagaimana proyek-proyek baru selalu menghadapi liku-likunya, berharap dapat menunda pekerjaan kita saat ini untuk memberikan sentuhan akhir pada masalah yang lebih mendesak. Waktu luang ini diperkirakan sekitar 10 – 15% dari minggu kerja kita.

Mengatasi masalah ketika itu datang

Berurusan dengan masalah sehari-hari bukanlah sesuatu dimana kita bisa duduk tenang dan berencana. Kita harus mengatasi masalah yang datang mendadak ketika mereka datang secara bersamaan.

Pergi untuk berjalan-jalan di siang hari

Bekerja terus-terusan sepanjang hari bukanlah cara terbaik untuk melewati hari Senin kita. Melakukan yang sama hanya akan menurunkan efisiensi dan mental anda. Cobalah berjalan-jalan di taman, makan siang di sana dan menikmati pemandanganya.

Tahu batasan anda

Bahkan karyawan pun memiliki keterbatasan ketika datang bekerja. Jika kita benar-benar merasa terlalu banyak pekerjaan, beritahu atasan kita tentang hal ini. Atasan akan simpatik jika kita dapat menjelaskan bahwa kita mendapatkan beban kerja yang melebihi kapasitas. Ingat, mereka pernah berada pada posisi kita dan pernah merasa apatis.

Kembali bekerja

Mengambil waktu dengan menyelesaikan banyak hal di hari Senin, akan membawa hanya beberapa hal untuk sisa minggu kita. Banyak kali kita membuang begitu banyak waktu untuk merenungkan apa yang harus dilakukan daripada benar-benar bekerja. Lihatlah gambaran yang lebih besar dan lanjutkan dengan banyak hal. Jawab email, pindahkan panggilan ke kotak suara dan sibukkan diri kita dengan pekerjaan-pekerjaan. Hari Senin menjadi lebih menyenangkan. I love Monday!

sumber gambar : AJ Batac

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname