Thursday, August 13, 2015

8 Tips Manajemen Waktu Yang Harus Dipelari Untuk Orang Yang Suka Menunda Pekerjaan

time management

Waktu adalah sumber daya yang tak tergantikan. Sekali waktu itu pergi, artinya benar-benar habis. Jangan sia-siakan.

Salah satu keterampilan terbaik seseorang yang bisa dipelajari adalah manajemen waktu. Setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, tapi bagaimana kita menggunakan dan mengatur waktu yang memisahkan kita antara satu dengan yang lain. Untuk mereka yang tanpa manajemen waktu, hari-hari berlalu dengan cepat dan mereka merasa melakukan sesuatu yang sangat sedikit hingga hari itu berakhir. Mereka yang menggunakan manajemen waktu mendapatkan hasil maksimal dari hari mereka dan mencapai banyak hal dalam 24 jam.

Semakin sukses kita, semakin banyak waktu yang berharga. Jadi tidak mengherankan, orang-orang yang paling sukseslah yang luar biasa dalam mengelola waktu mereka. Namun kita tidak perlu menjadi sangat sukses untuk menguasai manajemen waktu. Berikut adalah 8 tips sederhana untuk mendapatkan hasil maksimal dari hari kita.

Mulai hari kita dengan daftar yang harus dilakukan

Hal pertama yang saya lakukan ketika tiba di kantor adalah menulis to do list saya. Biasanya saya sudah punya poin-poin yang tercantum dari hari sebelumnya, tetapi saya hampir selalu menambahkan setidaknya satu tugas baru setiap pagi. Saya menggunakan notepad, tetapi jika kita membutuhkan sesuatu yang lebih terlihat, cobalah papan putih.

Gunakan pengingat (reminder) pada telepon genggam kita

Saya tidak bisa mengatakan berapa banyak saya diingatkan telepon genggam saya tentang sesuatu yang saya benar-benar lupa. Pada umumnya smartphone telah dirancang dengan kemampuan pengingat, belum lagi ada banyak aplikasi pengingat yang bisa kita unduh. Tambahkan tugas kita ke dalam pengingat sebelum kita lupa.

Gunakan sebuah kalender

Agenda adalah bagus untuk merencanakan harimu, tetapi kalender bagus untuk merencanakan minggu kita, bulan bahkan tahun. Saya selalu meneliti kalender saya setiap dua hari sekali untuk memastikan bahwa saya tidak melupakan satu kewajiban pun. Jika kita menggunakan Gmail, saya sarankan kita menggunakan kalender google. Kalender google sinkron dengan email kita dan secara otomatis akan menambahkan setiap undangan pertemuan yang kita mungkin terima dalam email.

Tugas Beragam

Tidak ada yang salah dengan melakukan sedikit tugas beragam jika kegiatan yang kita lakukan tidak begitu penting. Ini termasuk hal-hal seperti makan saat kita bekerja, menerima telpon sementara kita menulis email, melakukan pekerjaan menulis sementara berada di dalam kereta/bus, dll.

Katakan “Tidak”

Jangan mengambil lebih banyak daripada yang bisa kita tangani. Jangan katakan ya untuk hal yang tidak penting yang akan merebut fokus kita dari hal lebih penting lainnya. Belajarlah untuk memprioritaskan tugas-tugas kita dan belajar kapan harus mengatakan ya, dan terlebih penting adalah kapan mengatakan tidak.

Waktu Luang

Jangan menyusun jadwal kita terlalu dekat. Rencanakan untuk interupsi dan hal-hal yang tidak beres. Sisakan waktu luang 10 – 15 menit diantara masing-masing kegiatan atau rapat. Melakukan hal ini memungkinkan kita untuk sedikit bernapas dan siap menyambut kegiatan berikutnya. Pikirkan waktu luang ini sebagai rencana darurat jika ada yang salah atau berjalan tidak sesuai harapan.

Mode Pesawat (Airplane Mode)

kita tidak perlu naik pesawat untuk mengatur ponsel kita dalam mode pesawat. Ketika bekerja pada sesuatu yang penting, teleponmu biasanya adalah penyebab utama gangguan. Mode pesawat adalah senjata rahasia kita saat kita benar-benar membutuhkan fokus pada sesuatu yang dilakukan dan tidak ingin terganggu dengan panggilan telepon, sms, email, notifikasi dll.

Atur Deadline

Atur deadline untuk semua tugas-tugas kita, karena tanpa deadline selalu ada kata “besok”. Menetapkan deadline untuk tugas kita memungkinkan kita untuk merencanakan hari kita lebih akurat dan mencapai lebih banyak hal dalam 24 jam.

Sumber foto : Photocapy

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname