Saturday, August 29, 2015

7 Cara Mudah Untuk Mendapakan Networking yang Lebih Baik


mendapatkan networking
Majukan karir kita sekarang – Tujuh cara mudah untuk mendapatkan jaringan (networking) yang lebih baik.

Ada pepatah yang mengatakan “Ini bukan apa yang kita tahu, tetapi siapa yang kita kenal.” Pepatah lama tersebut sangat tepat pada masa ekonomi sekarang ini, terutama pada pasar kerja yang kompetitif.

Saya diajarkan di sekolah bisnis, bagaimana jaringan itu penting, tetapi saya tidak pernah benar-benar menyadari betapa pentingnya itu sampai saya memulai bisnis pertama saya dan saya harus mencari pelanggan dan investor. Semua investor kami, dan sebagian besar pelanggan pertama kami, datang dari perkenalan dengan orang-orang dalam jaringan saya. Saya tidak pernah menolak berkenalan atau kesempatan bertemu seseorang, tidak peduli apakah ada manfaatnya langsung atau tidak.

Kita tidak pernah tahu. Sebuah koneksi yang kita buat hari ini dapat menimbulkan kesempatan besok. Belajarlah bagaimana jaringan sangat penting untuk menjadikanmu sukses di dunia saat ini. kita tidak harus menjadi orang yang paling karismatik untuk menjadi sukses, meskipun karisma memang membantu. kita hanya harus bersedia menempatkan diri di luar sana dan bergerak.

Berikut adalah 7 cara mudah untuk kita mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Dapatkan di LinkedIn

Dengan lebih dari 332 juta pengguna di seluruh dunia, LinkedIn adalah situs sosial untuk jaringan profesional. kita dapat bertemu para profesional di hampir semua jenis pekerjaan LinkedIn. Itu bukan hanya untuk profesional dalam bidang bisnis. kita dapat menggunakan situs itu untuk berhubungan kembali dengan orang-orang yang sudah ada dalam jaringan kita atau terhubung dan bertemu dengan orang-orang baru. kita bahkan dapat mengatur untuk meminta dan mengambil pertemanan dari koneksi bersama.

Membuat Kartu Nama Bisnis

Meskipun banyak orang muda merasa kartu nama bisnis sudah ketinggalan jaman, saya masih pengguna setia dan mempercayainya. Ketika bertemu dengan seseorang, kita selalu dapat bertukar nomor telepon atau email, tetapi ada sesuatu yang spesial jika kita memberikan mereka sesuatu yang nyata untuk mereka terima. Kartu nama juga merupakan tanda penting dan cara mudah untuk membangun kredibilitas ketika bertemu dengan seseorang, terutama jika kita seorang profesional yang lebih muda.

Menghadiri Acara-Acara Jaringan

Pertemuan jaringan adalah cara yang bagus untuk bertemu dan berbaur dengan para profesional di industri/profesi kita. Seringkali pertemuan jaringan memiliki suasana agak santai dan biasanya akan diadakan di tempat-tempat undangan seperti aula, hotel, restoran, dll. Ketika menghadiri sebuah pertemuan jaringan, lakukan yang terbaik untuk “bekerja dalam ruangan” dan memperkenalkan diri kepada orang-orang disana. Ketika bergabung dalam suatu jaringan, seringkali lebih baik kita berfokus pada kualitas bukan kuantitas. Artinya daripada mencoba untuk bertemu dengan setiap orang dalam acara, cobalah untuk mengembangkan percakapan/hubungan yang serius dengan beberapa orang penting.

Bergabunglah dengan Kelompok/Organisasi

Bergabung dengan sebuah kelompok/organisasi adalah cara yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang yang berpikiran profesional. kita dapat bergabung dengan sejumlah organisasi termasuk organisasi alumni, sebuah kamar dagang dan industri (kadin) setempat, kelompok profesional muda, dan bahkan kelompok jaringan. Tidak hanya kita akan bertemu orang-orang baru yang hebat tetapi kita akan memiliki kepuasan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri.

Bantulah Orang Lain

Kita seharusnya membantu orang lain karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, bukan karena hal itu akan membantu jaringanmu. Bagaimanapun, membantu orang lain akan memperluas lingkaran sosial kita yang pastinya akan bermanfaat untuk kita sendiri. Ketika terhubung, tawarkan apa saja yang kita bisa: saran, kontak, dukungan, kemitraan dan lain - lain. kita tidak pernah tahu berapa banyak dampak yang ditimbulkan saat kita menawarkan sedikit bantuan.

Siapkan Diri Kita

Kesan pertama sangat penting dalam membangun jaringan. Ketika menghadiri acara jaringan, pastikan kita benar-benar siap. Jika kita seorang karyawan di sebuah konferensi/pameran perdagangan, pastikan kita dapat dengan mudah berbicara tentang produk kita. kita toh tidak ingin merusak kesan pertama dengan tidak tahu apa yang kita bicarakan. Orang yang kompeten tertarik dengan orang yang kompeten.

Tetap Berhubungan

Saya adalah seorang pengacara kuat yang selalu menindaklanjuti dan membangun hubungan baru. Lakukan yang terbaik untuk mempertahankan kontak dengan jaringan kita. Tetap berhubungan dapat menyebabkan mereka mengingat kita untuk sebuah peluang, atau setidaknya membantu memperkuat hubungan.

sumber gambar : Sean Mac Entee

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname