Wednesday, September 9, 2015

Balada Karyawan #17 Mengapa Seorang Manager Belum Mempunyai Mobil?

Mobil.

Pada beberapa perusahaan,  mobil adalah salah satu fasilitas selain gaji yang diberikan kepada karyawannya. Biasanya ini untuk posisi manager ke atas. Bentuk pengadaannya, bisa perusahaan berikan mobilnya atau uangnya.

Saya adalah salah seorang karyawan di sebuah perusahaan PMDN di negeri ini. Masa kerja saya sudah lebih dari sepuluh tahun dan saya mempunyai jabatan di atas supervisor. Namun sampai saat ini saya belum memiliki kendaraan. Saya masih menggunakan kendaraan umum atau sepeda motor yang sudah lunas kreditnya.

Ketidakpunyaan mobil telah mengusik salah seorang karyawan. Beberapa kali dia bertanya mengapa saya belum memiliki mobil.

"Pak, sudah punya mobil belum?"
"Belum." Jawab saya.
"Kenapa?"
"Uangnya belum ada."


Memang jawaban itu merupkan jawaban yang paling aman untuk saat ini. Tapi bisa saja jawaban saya ini membuat sang karyawan ini semakin keheranan : sudah lebih sepuluh tahun kok belum bisa beli mobil?

Pasti dalam fikiran anda - anda semua bertanya - tanya berapa sih saya digaji sampai saya tidak bisa beli mobil sampai saat ini.

Kalau boleh menjelaskan ada beberapa alasan, saya belum memiliki mobil.
1. Berdasarkan saran orang, untuk amannya kondisi keuangan kita. Belilah mobil yang harganya adalah 50% dari gaji kita setahun. Setelah menghitung dengan rumus ini, maka saya belum bisa beli mobil baru. Saya harus beli mobil bekas harga 70 - 75 jutaan.

2. Belilah mobil secara tunai. Karena ketika mobil itu dibeli, langsung nilainya turun. Beda dengan rumah atau tanah. Makanya saya berusaha tidak memaksakan diri untuk mengambil kredit mobil.

3. Sebelum beli, fikirkan baik - baik. Harga mobil tidak murah, begitu juga ongkos perawatannya, bayar pajaknya dan konsumsi bahan bakarnya. Kalau belum membutuhkan kita bisa memakai kendaraan umum atau sewa mobil.

Sekarang kondisi saya, untuk mengumpulkan down payment-nya saja belum bisa, apalagi cicilan dan biaya - biaya yang disebutkan di atas.

Itu alasan  saya mengapa sampai saat ini belum memiliki mobil, walau pun dalam hati kecil saya ini ingin sekali memilikinya. Mudah - mudahan tahun depan bisa terbeli ya. Aamiin.

seorang manager di sebuah pabrik.

2 comments:

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname