Tuesday, September 1, 2015

Apa Yang Anda Lakukan Ketika Kehilangan Pekerjaan?

cara menghadapi pemecatan PHK

Hal ini kemungkinan telah terjadi diantara kita dan sesuatu yang paling tidak kita duga sebelumnya. kita mungkin datang dan siap bekerja kemudian supervisor memanggil kita ke ruangan untuk rapat singkat. Beliau duduk dan mulai menjelaskan tentang bagaimana perusahaan telah melalui masa-masa sulit. Sejauh ini tujuan pembicaraan jelas, tetapi kita belum memiliki gambaran tentang  apa yang dia maksudkan.

Selanjutnya kita tahu, dia mulai berbicara mengenai pengurangan karyawan, terutama di departemen kita. Kemudian – berita yang mengejutkan – dia dengan ramah menyodorkan slip gaji padahal baru kemarin kita gajian. Hal ini  menyebabkan setiap karyawan tiba-tiba merasa mulas dan berkunang-kunang.

Penyebab : Mengapa hal itu bisa terjadi?

Pikiran pertama yang timbul pada kita adalah kita tidak memenuhi harapan dan tidak mampu mengerjakan tugas-tugas sebagai karyawan. Tetapi dalam banyak kasus, ini bukan penjelasan yang benar untuk kejadian tersebut.

Pada sebagian besar kasus, kinerja perorangan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada hubungannya dengan pemberhentian dari pekerjaan. Kemungkinannya adalah bahwa orang tersebut tidak sendirian dalam prosedur HR ini. Pengurangan, penghapusan dan penggabungan memainkan peran penting dalam menentukan nasib banyak karyawan.

Jika kita tidak yakin akan hal ini, perhatikan saja ketentuan yang digunakan dalam prosedurnya. Karyawan yang “diberhentikan” tidak sama dengan dipecat. Meskipun ini adalah situasi yang sulit untuk diatasi, tetapi tetap butuh pemulihan yang cepat.

Lihatlah dari sudut yang lain, jika seorang manager ingin menyingkirkan seorang karyawan karena ketidakmampuannya, orang tersebut kemungkinan sudah merasakan sebelumnya. Penalaran disini adalah bahwa karyawan akan diperingatkan sebelumnya untuk memperbaiki cara-cara profesionalnya di tempat kerja.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pertanyaan dasar yang akan menunjukkan ke arah alasan sebenarnya mengapa seseorang diberhentikan :

Apakah saya satu-satunya orang yang kehilangan pekerjaan?

Jika banyak karyawan yang terkena dampak  ini, bisa jadi kita memang diberhentikan murni karena tujuan keuangan. Ini bisa menjadi indikasi yang baik bahwa perusahaan sedang melakukan perampingan dan memfokuskan kembali upaya dalam industri.

Apakah saya bisa melihat tanda-tandanya?

Apakah ada tanda-tanda bahwa ini akan terjadi? Apakah ada alasan logis dibalik mengapa kita harus diberhentikan?

Apakah alasan perusahaan memberhentikan saya?

Jika kita memiliki keraguan bahwa perampingan dan restrukturisasi bukan alasan utama pemberhentian kita, cari tahu hal tersebut. Kalau itu karena kualitas kerja kita, maka perbaikilah kelemahan-kelemahan kita.

Efek : Bagaimana menyikapinya

Sebuah jenjang karir adalah salah satu hal yang mengalami banyak perubahan secara teratur, dan itu membuatnya menarik serta layak untuk dikejar. Perubahan dalam karir dapat diibaratkan sepasang celana yang baru kita beli.

Celana itu baru dan kita menyukai segala hal tentangnya, seperti warna, ukuran dan model. Tetapi akhirnya cara kita memakainya sama dengan perkembangan kita pada sebuah pekerjaan. Sehingga kita harus mempermak celana tersebut agar lebih leluasa bergerak dan lebih lebar tentunya.

Pertambahan berat badan kita sama dengan pertambahan pada pengalaman dan pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan. Ini hanya sebuah penantian masa transisi, apakah itu untuk sepasang celana baru atau pekerjaan baru.

Beberapa orang yang paling sukses di dunia telah mencapai puncak karena mereka dipaksa melakukan perubahan di sepanjang hidup mereka. Hanya sedikit orang yang mendorong diri mereka untuk terus berusaha mencapai tujuan-tujuan baru dan mengejar semua tantangan yang muncul dengan kekuatan yang dimiliki.

Tampaknya sebuah tantangan yang terlihat tidak mungkin diatasi dan waktu-waktu menyedihkan kita adalah bahan bakar yang sangat kita butuhkan dalam perubahan karir. Jadi, sadarilah alasan dibalik kejadian tersebut.

Beri diri kita ruang untuk berbuat kesalahan

Tidak seorangpun belajar tanpa uji coba, dan inilah akhirnya bagaimana mereka dapat melampaui diri mereka sendiri.

Jangan takut mengambil sebuah kesempatan

Mempersiapkan diri melawan sebuah perubahan dalam rutinitas kita akan sering menuntut banyak hal berubah pula.

Luangkan waktu untuk mencari tahu

Inilah kesempatan yang terbaik untuk meletakkan segala sesuatu dalam perspektif dan menyadari apa yang ingin kita lakukan selanjutnya. Apakah kita menginginkan pekerjaan di bidang yang berhubungan ataukah ini waktu untuk membuat perubahan karir?

Apa yang saya lakukan sekarang?

Jangan biarkan kemunduran karir menghentikan kita. Mungkin tindakan pemberi kerja dapat menghambat kita sementara, tetapi hanya kita yang dapat memajukan karir kita sendiri.

Ini adalah kesempatan yang tepat untuk menerapkan kemampuan jaringan kita dengan baik. Menghubungi teman dan kerabat mungkin dapat membantu kita menemukan pekerjaan yang lain. Tetapi yang lebih penting adalah membantu kita memahami dan berdamai dengan peristiwa yang memprihatinkan ini.

Menangani situasi semacam ini dengan tepat, mungkin akan terbukti bermanfaat dalam pengaturan bidang profesional kita di masa mendatang. Pengusaha segan mengambil resiko dan tidak suka dengan calon karyawan yang meragukan. Jika mereka harus memilih mempekerjakan karyawan yang telah “dipecat” atau “diberhentikan” mereka kemungkinan memilih yang kedua.

Langkah-langkah awal untuk pemulihan profesional – jika kita dapat menyebutnya demikian – dimulai dengan kepercayaan diri dan mengetahui potensi kita. Pengusaha kemungkinan besar bertanya-tanya pada diri sendiri mengapa kita saat ini berada di bursa kerja jika kita begitu sempurna untuk posisi itu. Dengan kata lain, jika kita memiliki kemampuan yang sangat baik untuk pekerjaan ini, mengapa kita menganggur?

Selama sesi wawancara, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan mengenai kisah hidup kita ini. Jangan mengira jawaban dapat dipikirkan langsung saja saat wawancara tiba. Kita bicara tentang masa depan kita, lebih baik persiapkan jawaban kita sebelumnya.

kita tidak perlu menceritakan hal-hal yang tidak ditanyakan. Kelemahan dalam sisi profesional kita jangan pernah ditunjukkan kecuali relevan dengan pertanyaan spesifik yang diajukan.

Tujuannya adalah untuk bertanggung jawab atas jalan yang kita pilih dan membuat segala sesuatu terjadi, bukan hanya menerima saja dan tinggal dengan konsekuensi-konsekuensinya. kita harus bertindak. kita adalah penguasa atas nasib kita sendiri jadi bertanggung jawablah dan buatlah yang terbaik dari setiap situasi yang ada.

sumber gambar : Gerald Altmann

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname