Wednesday, April 23, 2014

8 Tips Bagaimana Menjadi Karyawan Yang Sukses

Karyawan yang Sukses
Selama bekerja saya sering bertanya :
- Apakah saya termasuk karyawan yang sukses atau tidak?
- Apakah saya karyawan yang akan dipertahankan terus oleh perusahaan atau tidak?
- Apakah saya karyawan yang mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan?
- Apakah saya karyawan yang mendapatkan kenaikan gaji? Atau sebaliknya? Mungkin kalau ini hanya Tuhan dan atasan yang tahu.

Berdasarkan pengalaman, apa yang dibaca dan informasi dari teman - teman sekerja, untuk menjadi karyawan yang sukses harus memiliki hal - hal di bawah ini :

1. Disiplin.
Datang tepat waktu. Mengenyelesaikan tugas sesuai dengan waktunya.

2. Setia kepada perusahaan.
Sepertinya membina sebuah hubungan, maka hubungan yang dibangun harus saling setia. Begitu juga di tempat kerja. Perusahaan menyukai karyawan yang setia yang menghabiskan hidupnya untuk berkarir di perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan tidak merasa khawatir ditinggalkan oleh orang - orang terbaiknya.

3. Mempunyai banyak kemampuan.
Atasan atau perusahaan menyukai karyawan yang memiliki banyak kemampuan. Sehingga satu orang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan. Buat perusahaan ini aset yang sangat berharga.

Oleh karena itu sebagai karyawan, kita jangan berhenti belajar. Pelajari hal - hal baru sehingga ketika kesempatan datang untuk promosi, kita bisa menjadi pilihan utama. Belajar itu tidak hanya waktu kita sekolah, ketika kita bekerja juga harus belajar. Bedanya waktu sekolah kita bayar, ketika bekerja kita dibayar :)

4. Bekerja maksimal.
Buatlah atasan kita menyukai kita. Caranya adalah ketika diberikan pekerjaan atau tugas, kerjakan sebaik - baiknya; semaksimal mungkin. Ibaratnya atasan minta A, kita memberikan A plus - plus.

5. Memberikan kontribusi positif ke perusahaan.
Setiap karyawan pasti memberikan kontribusi. Namun ada yang positif dan ada yang negatif. Yang positif adalah yang mampu meningkatkan kemajuan perusahaan : produktivitas meningkat, tingkat reject product yang rendah dan lain - lain.

6. Mampu bekerja dengan rekan - rekan yang lain.
Tidak semua orang bisa bekerja dengan pihak lain dari latar belakang yang berbeda. Kalau ini terjadi maka biasanya yang terjadi adalah penurunan kinerja perusahaan karena harus membereskan hal - hal yang diakibatkan oleh ketidakmampuan bekerja sama dengan rekan - rekan yang lain.

7. Menciptakan suasana yang kondusif.
Yang ini masih berkaitan dengan nomor 6. Suasana kondusif tercipta maka semua orang yang ada bisa nyaman bekerja dan menghasilkan kontribusi yang positif.

8. Tidak menjilat
Tidak semua atasan suka dijilat. Apalagi atasan yang baik. Maka jauhkanlah sejauh - jauhnya dari hal ini.

Kalau kedelapan tips ini bisa kita jalankan sungguh - sungguh, Insya Alloh kita bisa menjadi karyawan yang sukses. Sehingga mudah mendapat promosi dan menjadi boss juga. Dan kalau ada tips yang belum saya cantumkan silahkan ditambahkan.





No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname