Thursday, December 4, 2014

Kapan Karyawan Mendapatkan Kenaikan Gaji?


Kapan Karywan Mendapatkan Kenaikan Gaji?

Sebagai seorang karyawan, tentu kita inginnya mendapatkan kabar gembira menjelang tahun baru ini yaitu berupa kenaikan gaji. Syukur - syukur dapat bonus akhir tahun alias gaji ke-13.

Berharap kenaikan gaji boleh - boleh saja, namun kita harus memperhatikan kapan gaji itu mengalami kenaikan atau tidak.

Di bawah ini adalah momen yang tepat karyawan mendapatkan kenaikan gaji. Antara lain :

1. Naik gaji karena telah mencapai prestasi yang bagus

Ingin gaji naik setiap tahun? Bekerjalah yang baik. Kerjakan semua tugas dengan sebaik - baiknya. Kalau perlu melampaui ekspetasi dari perusahaan.

Kalau bisa mempertahankan performance seperti ini, naiknya gaji di tahun depan bukanlah mimpi di siang bolong. Kita sudah mencapai prestasi yang bagus, perusahaan akan mengapresiasi dengan memberikan kenaikan gaji kepada karyawannya.


2. Naik gaji karena perusahaan mendapatkan untung besar

Karyawab memperoleh kenaikan gaji karyawan bisa disebabkan juga oleh perusahaan yang memperoleh keuntungan yang besar. Dikarenakan semua pencapaian ini karena kerja keras semua karyawan, maka sebagai hadiah perusahaan memberikan kenaikan gaji kepada karyawannya. Termasuk bonus akhir tahun atau gaji ke-13. Kalau sedang beruntung bisa mendapatkan beberapa kali gaji.

Agar "kemesraan" ini janganlah cepat berlalu setiap tahunnya, maka kita sebagai karyawan harus bekerja sebaik mungkin. Sehingga gaji kita bisa naik setiap tahun.

3. Naik gaji karena dipertahankan oleh perusahaan 

Untuk menjaga performance perusahaan, pihak perusahaan tidak segan - segan untuk menaikkan gaji karyawan yang memang memiliki prestasi kerja yang bagus. Hal ini dilakuan untuk mempertahankan keberadaan karyawan tersebut di perusahaan. 

Kalau tidak, bisa saja karyawan tersebut akan pergi meninggalkan perusahaan tempat bekerjanya ke tempat lain yang mengiming - imingi gaji yang lebih besar.

Oleh karena itu kembali kepada kita, kalau mau mendapatkan kenaikan gaji dan dipertahankan perusahaan, bekerjalah sebaik - baik mungkin. Sebagai test case cobalah untuk mengajukan resign atau pengunduran diri. Kalau kita karyawan yang berkontribusi besar kepada perusahaan, maka perusahaan akan menahan kita dan menawarkan kenaikan gaji. Mau coba? Silahkan. Tapi resiko tanggung sendiri ya he he he.

Alih - alih mendapatkan kenaikan gaji malah dikeluarkan karena memang sedang program penghematan.

4. Naik gaji karena mengikuti peraturan pemerintah

Terakhir, kenaikan gaji karena mengikuti peraturan. Seperti yang kita ketahui setiap tahun selalu ada kenaikan tuntutan kenaikan upah oleh para karyawan atau buruh.

Perusahaan yang patuh pada peraturan dan mampu, biasanya akan mengikuti peraturan untuk menaikkan gaji karyawannya. Namun hati - hati, kalau perusahaan tidak mampu, biasanya perusahaan akan merumahkan karyawannya dan pergi ke tempat atau negara lain yang upah buruhnya murah. Kalau begini naik gaji tidak, hilang pekerjaan iya.

Demikian paparan saya mengenai kapan karyawan mendapatkan kenaikan gaji. Mudah - mudahan akhir tahun ini kita semua mendapatkan kabar gembira ini. Amiin.

sumber gambar : morguefile.com

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname