Thursday, September 18, 2014

(Penting Untuk Bawahan) Saat yang Tepat Untuk Resign atau Mengundurkan Diri


Saat yang tepat untuk resign atau mengundurkan diri

Apakah Anda merasa menjalani pekerjaan sekarang dengan berat dan terpaksa? Apakah Anda ingin pindah secepatnya dati tempat kerja sekarang? Kalau jawabannya "IYA" maka Anda tidak sendirian. Banyak orang yang senasib sepenanggungan. 

Keinginan untuk resign atau mundur bisa disebabkan oleh : gaji yang pas - pasan, fasilitas yang minim, karir yang tidak berkembang, lingkungan kerja yang tidak mendukung serta atasan yang menyebalkan.

Tapi ingatlah Anda bisa resign atau mengundurkan diri kalau 2 kondisi di bawah ini terjadi. Kedua kondisi tersebut adalah :

  1. Ketika sudah mendapatkan tempat kerja yang lebih baik
    Jangan pernah resign atau mengundurkan diri hanya gara – gara kesal, marah atau tersinggung atas perlakuan terhadap kita. Karena keputusan yang tidak difikir masak - masak kebanyakan malah menjadi bumerang.

    Jangan pernah resign ketiak Anda belum mendapatkan tempat kerja yang baru. Karena hal ini bisa saja bunuh diri. Karena atasan memarahi kita Anda, Anda langsung mengajukan pengunduran diri namun belum mendapatkan penggantinya. Akhirnya pekerjaan baru belum dapat, uang pesangon habis dengan cepat karena untuk biaya kebutuhan sehari - hari.

    Jadi kalau atasan kita memarahi kita, menyepelekan kita, jadikan itu sebagai energi pendorong untuk menggiatkan mencari lowongan pekerjaan dari internet, koran dan informasi teman lainnya, sambil terus berdoa agar mendapatkan yang lebih baik. Gaji yang lebih baik, fasilitas yang lebih baik, lingkungan kerja yang lebih baik, karir yang lebih baik dan atasan yang lebih baik. Ingat doanya orang yang teraniaya dikabulkan oleh Alloh SWT.

  1. Ketika bisnis sampingan sudah berkembang
    Selain ingin pindah tempat kerja, ada sebagian dari Anda ingin memiliki usaha sendiri. Ingat tidak semua orang bisa langsung membuat usaha sendiri. Maksudnya adalah janganlah kita buru - buru keluar dari tempat kerja untuk sebuah ide bisnis yang belum matang. Memang ada sebagian yang berhasil, tapi ingat ada juga yang sebagian gagal.

    Paling aman adalah merintis usaha sampingan ketika kita masih bekerja. Banyak jenis usaha yang usaha sampingan yang bisa dikerjakan. Gunakan waktu seusai pulang bekerja dan di akhir pekan untuk menjalankan usaha sampingan Anda.

    Ketika bisnis sudah berkembang jangan langsung mengundurkan diri juga. Hitunglah berapa penghasilan dari usaha sampingan kita. Kalau balik modal saja, belum pas waktunya untuk keluar dari tempat kerja sekarang. Ada yang bilang, saat yang tepat keluar dari pekerjaan sekarang adalah ketika usaha sampingan kita sudah menghasilkan minimal setengah gaji kita sekarang. Kalau sudah begitu silahkan keluar dan geluti sehingga Anda berhasil di dalam membuka usaha.

Demikian dua saat yang tepat untuk mutuskan resign atau mundur dari tempat kerja sekarang. Kalau salah satunya tercapai maka Anda bisa dengan percaya diri mengetuk pintu ruangan Atasan Anda dan membawa selembar surat pengunduran diri. Nikmati wajah atasan Anda yang mungkin kaget ternyata Anda bisa memperoleh yang lebih baik. Kalau dia mencoba membujuk Anda dengan iming - iming kenaikan pangkat atau gaji silahkan Anda mau menjawab. Saya fikir Anda tahu yang Anda lakukan he he he.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda mengambil langkah yang tepat. Kira – kira kapan Anda akan resign atau mengundurkan diri?

sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/casamatita/

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname