Thursday, October 23, 2014

Fasilitas - Fasilitas Yang Diberikan Perusahaan Kepada Karyawannya

Pada postingan kali ini akan dijabarkan fasilitas – fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Tujuan dari pemberian fasilitas ini adalah untuk mempertahankan keberadaan karyawannya. Apalagi karyawan yang memiliki keahlian atau skill yang sangat berharga.Di bawah ini adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Mari kita periksa satu – satu dan berhitung mana yang sudah kita dapatkan :)

1. Gaji (salary)
Gaji yang diterima oleh karyawan perusahaan berbeda – beda menurut level jabatan dan kondisi masing – masing perusahaan. Tentu gaji seorang operator berbeda dengan seorang manager. Tentu berbeda gaji seorang manager di perusahaan kecil dengan di perusahaan besar.

Fasilitas - Fasilitas Yang DIberikan Perusahaan Kepada Karyawannya
Fasilitas gaji karyawan

2. Tunjangan
Selain gaji perusahaan memberikan tunjangan lainnya. Biasanya tunjangan yang diberikan adalah tunjangan kesehatan (kecelakaan kerja, rawat inap, rawat jalan, gigi, mata, kelahiran termasuk untuk anak istri/ pasangan hidup), tunjangan pendidikan, tunjangan hari raya (THR) dan lain – lain.

Jenis tunjangan yang diberikan tergantung dari kondisi perusahaannya. Ada yang memberikan banyak tunjangan, ada yang hanya memberikan tunjangan kesehatan saja dan ada juga perusahaan yang tidak memberikan tunjangan, termasuk tunjangan hari raya (THR).

3. Bonus Tahunan
Istilahnya bisa macam-macam ada yang bonus tahunan, bonus kinerja, insentif, tancim dan lain-lain. Kalo di PNS seperti gaji ke-13. Nominalnya berbeda di setiap perusahaan bisa 1 bulan gaji, 2 bulan gaji bahkan sampai 5 bulan gaji.

4. Perumahan
Beberapa perusahaan menyediakan perumahan bagi karyawannya, termasuk pengadaan rumah baru dan renovasi rumah. Ada yang memang sengaja dibuatkan komplek perumahan khusus karyawannya, ada juga yang memberikan dananya saja, kemudian karyawan yang membelinya sendiri.

Fasilitas - Fasilitas Yang DIberikan Perusahaan Kepada Karyawannya
Fasilitas perumahan


5. Kendaraan
Untuk menunjang kelancaran operasional, ada perusahaan yang menyediakan kendaraan bagi karyawannya. Biasanya kendaraan diberikan untuk karyawan yang menempati level manager ke atas. Untuk pengadaannya ada yang uang mukanya dibayarkan oleh perusahaan, sementara sang karyawan mencicilnya dengan dipotong gaji setiap bulannya. Ada yang juga yang diberikan “begitu saja” oleh perusahaan. Bahakan untuk perusahaan tertentu dan level jabatan tertentu diberi supir dan subsidi BBM. Jadi sang karyawan tidak mengeluarkan uang sepeser pun.


Fasilitas - Fasilitas Yang DIberikan Perusahaan Kepada Karyawannya
Fasilitas kendaraan

6. Fasilitas Lainnya
Selain yang disebutkan di atas, ada juga fasilitas – fasilitas lain yang diberikan oleh perusahaan. Ada tunjangan pensiun, check up kesehatan berkala, rekreasi tahunan dan lain – lain.

Fasilitas - Fasilitas Yang DIberikan Perusahaan Kepada Karyawannya
Tunjangan rekreasi
Demikianlah penjelasan jenis fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Fasilitas yang diberikan tergantung kepada jenis perusahaan dan level jabatannya. Tentunya semua fasilitas itu diberikan berdasarkan resiko dan beban pekerjaan yang diterima. Untuk yang sudah mendapatkan fasilitas yang berkecukupan, bersyukurlah dan yang masih pas – pasan bersabarlah. Sekarang fasilitas apa saja yang sudah ada dapatkan dari perusahaan?


sumber foto : http://morguefile.com

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname