Tuesday, December 9, 2014

4 Cara Menghabiskan Cuti Bersama Libur Akhir Tahun

libur akhir tahun atau cuti bersama
Kemanakah Anda menghabiskan libur akhir tahun atau cuti bersama?


Libur telah tiba.  Libur telah tiba, Hore - hore. 

Begitulah kata Tasya, artis (yang sekarang bukan lagi) cilik.  Seperti biasa di penghujung tahun ini ada ada libur akhir tahun yang cukup panjang. Dimulai dari liburan natal sampai dengan tahun baru. 

Bagi sebagian perusahaan dan instansi biasanya ada cuti bersama. Namun bagi perusahaan yang tidak ada, biasanya karyawan mengajukan cuti beberapa hari, sekaligus menghabiskan jatah cuti tahunan, untuk menikmati libur akhir tahun. 

Bagaimana Anda menghabiskan libur akhir tahun atau cuti bersama ini? Di bawah ini adalah tujuan - tujuan menghabiskan liburan panjang, antara lain :

1. Ke tempat pariwisata

Tempat - tempat parawisata di dalam kota atau luar kota bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan panjang. Dari sekarang mulai lakukan survery untuk transportasi, penginapan kalau menginap dan hal - hal apa yang bisa dinikmati di tempat pariwisata. Kalau kita kita beruntung bisa mendapatkan paket potongan harga dari layanan maskapai penerbangan atau hotel tertentu.

Namun karena berkunjung pada saat liburan panjang, maka biasanya tempat - tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lainnya. Kalau tidak pintar - pintar mensiasatinya bisa - bisa hanya lelah dan capek yang kita dapatkan.

 

2. Pulang kampung

Ada yang memanfaatkan waktu liburan panjang ini dengan pulang kampung atau mudik mengunjungi sanak saudara selama beberapa hari. Seperti halnya liburan lebaran, jauh - jauh hari sudah dipersiapkan untuk pulang kampung ini. Mulai dari membeli tiket pesawat/ kereta atau kendaraan,  perbekalan selama perjalanan, oleh - oleh untuk orang - orang di kampung dan lain sebagainya. 

Yang perlu diperhatikan jangan seluruh waktu liburan dihabiskan di kampung. Sisakan dua - tiga hari untuk recovery di rumah sebelum masuk kerja. Hal ini bertujuan agar tetap fresh ketika masuk kerja kembali.

3. Di rumah saja

Kalau yang tidak mempunyai uang, menghabiskan waktu libur di rumah saja. Berkumpul dengan anak keluarga, nonton televisi dan kegiatan - kegiatan seputar rumah dan keluarga. 

Mengisi liburan di rumah memang murah meriah, namun kalau terlalu lama bisa membuat jenuh dan ingin segera masuk kerja.
 

4. Kerja/ lembur

Namun ada juga yang menghabiskan waktu liburan panjang dengan bekerja/ lembur. Baik itu diperintah oleh atasan, maupun inisiatif sendiri. Sudah capek - capek menyiapkan untuk liburan panjang, eh tahu - tahu si boss meminta kita untuk masuk karena ada target produksi yang harus dikejar. 

Namun satu sisinya adalah karena kita bekerja di saat sebagian besar orang liburan, maka ini dihitung sebagai lembur/ extra time. Tentu bayaran untuk lembur berbeda dengan hari - hari biasa. Namun kalau boleh memilih, tidak apa - apa tidak dapat tambahan penghasilan asalkan bisa menikmati liburan panjang bersama keluarga.

Kira - kira kemana Anda menghabiskan libur akhir tahun dan cuti bersama ini?

sumber gambar : http://morguefile.com

1 comment:

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname