Monday, March 30, 2015

3 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Biasa Ditanyakan

3 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Biasa Ditanyakan
Apa yang pertama kali terlintas saat seseorang akan menghadapi wawancara kerja? Ya, pertanyaan. Wawancara kerja memang berhubungan dengan pertanyaan. Dan ibarat menghadapi pertanyaan di dalam Ujian Nasional sekolah, pertanyaan wawancara kerja selalu mengkhawatirkan banyak pelamar pekerjaan. Tapi sebenarnya tidak perlu khawatir terlalu berlebihan, karena pertanyaan wawancara kerja ini biasanya tidak jauh berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Biasanya ada tiga kelompok pertanyaan yang umum diajukan oleh pewawancara kepada pelamar pekerjaan.

Tentang diri Anda

“Ceritakan tentang diri Anda.” Ini adalah pertanyaan wawancara kerja yang umum diajukan sebagai pertanyaan pembuka. Kita mungkin akan ditanyai mengenai profil kita, dari lulusan sekolah atau universitas mana, pekerjaan apa yang telah dijalani sebelumnya, mengapa berhenti dari pekerjaan sebelumnya atau berganti bidang pekerjaan, apa keterampilan khusus yang dimiliki, dan semacamnya. Anda mungkin akan diminta menyebutkan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dan bagaimana kelebihan itu bisa berarti buat perusahaan serta bagaimana agar kekurangan tidak akan merugikan perusahaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam mungkin akan diajukan seperti apa yang ingin kita dapatkan dari sebuah pekerjaan atau apa pandangan kita tentang kesuksesan dan kesuksesan seperti apa yang ingin diraih. Pertanyaan wawancara kerja lain yang tidak kalah penting dan kita perlu memiliki jawaban jelas mengenainya adalah mengapa kita layak untuk dipekerjakan di posisi yang kita inginkan tersebut.

Pewawancara akan sangat mungkin mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan Anda sebelumnya. Bila kualifikasi Anda terlalu bagus untuk pekerjaan yang dilamar, Anda mungkin akan ditanyai mengenai hal ini. Kita juga akan ditanyai mengapa kita meninggalkan pekerjaan yang lama dan bagaimana perasaannya saat meninggalkan pekerjaan tersebut.

Tentang perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan

Anda akan ditanyai mengenai apa yang kita ketahui mengenai perusahaan dan posisi yang kita lamar. Ada baiknya, kita sedikit banyak mengetahui latar belakang perusahaan, seperti visi dan misi, produk, gaya manajerial, dan sebagainya. Informasi-informasi semacam ini akan sangat membantu saat sedang wawancara nantinya.

Tipe pertanyaan wawancara kerja lain yang akan kita hadapi adalah apa yang kita pahami mengenai posisi yang ditawarkan. Pertanyaan ini barangkali agak menyulitkan bagi mereka yang sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman bekerja di posisi tersebut. Kita juga perlu mencari tahu mengenai posisi ini.

Tentang masa depan Anda bersama perusahaan

“Berapa gaji yang Anda harapkan?” Ini adalah pertanyaan wawancara kerja yang umum dihadapi. Bagi sebagian orang, apalagi yang tidak yakin dengan kualifikasi yang ia miliki atau belum pernah bekerja di posisi tersebut sebelumnya, mungkin akan merasa kesulitan menjawab pertanyaan ini. Biasanya, perusahaan akan menawarkan gaji dalam rentang tertentu. Coba tanyakan kepada pewawancara kisaran gaji yang mereka tawarkan, dengan begitu kita akan lebih mudah menentukan kisaran gaji yang bisa kita jawab.
Tipikal pertanyaan wawancara kerja lain yang harus dijawab berkaitan dengan keberadaan kita di perusahaan jika diterima di posisi tersebut. Anda akan ditanyai mengenai apa kontribusi yang bisa diberikan jika bergabung dengan perusahaan tersebut dan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga dapat berkontribusi di sana. Pewawancara mungkin akan menanyakan bagaimana kita akan beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja baru dan berapa lama kita berencana berada bersama perusahaan.

Berdasarkan tiga kelompok pertanyaan wawancara kerja di atas, kita bisa tahu bahwa tidak ada pertanyaan wawancara kerja khusus yang terlalu sulit dijawab. Semuanya berkaitan dengan hal-hal yang semestinya telah diketahui dengan baik. Hal yang memerlukan sedikit informasi adalah yang berkaitan dengan perusahaan tempat kita melamar pekerjaan dan pekerjaan yang ingin dituju.

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname