Thursday, March 5, 2015

O oo..Boss tahu kita sedang mencari info lowongan kerja

4 Jawaban Ketika Atasan Menangkap Basah kita sedang mencari info lowongan pekerjaan terbaru

 

ketahuan boss mencari info lowongan kerja
Ooo ... kamu ketahuan
 

Pada suatu kita, dengan beragam alasan kita memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign dari tempat kerja sekarang. Dari situlah kita mulai rajin mencari informasi lowongan kerja di berbagai media yang ada. Biasanya proses ini dilakukan di sela - sela pekerjaan rutin. Kita membuka situs lowongan pekerjaan dan mulai mencari - cari posisi yang cocok dengan kita. Masalahnya adalah apa jawaban kita ketika ketahuan oleh atasan kita?

Di bawah ini adalah 4 jawaban ketika atasan kita mengetahui kita sedang mencari - cari pekerjaan baru :

1. Berbohong

kami sarankan sebisa mungkin untuk tidak menggunakan cara ini. Kalau pun terpaksa, ketika atasan mengetahuinya kita menjawabnya : Tidak. Saya tidak sedang mencari - cari lowongan pekerjaan. Saya sedang browsing, enggak sengaja situs ngeklik situs jobstreet." Mudah - mudahan atasan kita percaya atas jawaban kita.

Mungkin pada saat itu posisi kita aman dan atasan tidak menaruh curiga sedikit pun. Kalau sudah begini jangan sampai kita sampai tertangkap basah oleh atasan lain. Dan buat semuanya aman. Pastikan tidak ada update status linkedin yang mengundang kecurigaan atasan. Pastikan lagi kita tidak mencari informasi lowongan pekerjaan di jam kerja atau di kantor. Pastikan niat kita untuk pindah tidak banyak diketahui oleh rekan kerja. Karena bisa - bisa ada yang melaporkan ke atasan kita.

Berbohong bisa menjadi solusi sementara. Dan kalau bisa ketika menemukan pekerjaan baru yang cocok jangan buru - buru untuk mengundurkan diri. Karena kalau ini terjadi maka atasan kita cepat atau lambat akan mengetahui bahwa kita telah berbohong dan ini tidak baik untuk reputasi kita.

2. Jawaban yang bias

Boleh dibilang ini tidak jauh berbeda dengan berbohong, namun terkadang berguna. Sebagai contoh ketika atasan tahu kita mencari pekerjaan baru, kita menjawab : Ah, enggak. Saya sedang mencari lowongan kerja buat saudara saya. Kasihan sudah lama mengganggur. Bapaknya sudah meninggal. Adiknya banyak dan seterusnya (ingat jawabannya jangan terlalu lebay - berlebihan). Dan pastikan bahwa atasan kita ini mempercayai jawaban kita.

3. Jawaban setengah benar

Jawaban bisa sangat menolong ketika atasan menangkap basah kita dengan mendapati bukti. Misalnya atasan kita menemukan hasil print-an job description lowongan pekerjaan yang kita cari.

Pada kondisi seperti ini kita bisa memberikan beberapa jawaban.
"Betul itu saya yang ngeprint. Menjelang masa appraisal saya ingin bagaimana dengan tanggung jawab di perusahaan lain dengan posisi saya sekarang ini. Saya merasa kurang ada tantangan di sini. Jadi saya mencoba mencari - cari tahu mengenai job description di perusahaan lain yang bisa menjadi bahan evaluasi saya untuk mengembangkan diri, sehingga saya dapat mencapai posisi yang lebih tinggi.

Respon ini mengubah momen "tertangkap basah" menjadi kesempatan membicarakan dengan atasan kita apa yang membuat kita kurang tertantang di perusahaan ini. Mudah - mudahan ini menghasilkan diberinya beberapa proyek yang menantang atau bahkan merekomendasikan sebuah posisi di departemen lain.

4. Jawab secara terus terang

Ada istilah bahwa berkata itu lebih baik walau pun menyakitkan. Ketika atasan menanyakan alasan kita mencari - cari peluang kerja di luar sana jawablah secara terus terang. "Memang saya sedang mencari - cari pekerjaan baru. Saya terkadang frustasi dengan kondisi saya sekarang. Menurut saya di sini tak ada pengembangan karir dan promosi jabatan untuk posisi saya sekarang.

Ketika kita berterus terang, patut diingat bahwa kita mengatakannya tanpa defensive atau merasa bersalah. Gunakan momen ini sebagai kesempatan untuk membuka pembicaraan dengan atasan kita."Saya sangat tertarik dengan perkembangan karir saya dan saya sangat menghargai jika Bapak mau meluangkan waktu untuk mendiskusikan performance saya, kesempatan dan potensi karir saya di perusahaan ini.

Di zaman sekarang, era teknologi informasi, mencari - cari info lowongan sangat sulit ditutup - tutupi. Maka rencanakan baik- baik untuk proses pencariannya dan siapkan jawaban yang akan kita berikan ketika atasan kita menangkap basah kita sedang mencari informasi pekerjaan. Kalau ini dialami oleh Anda, jawaban apa yang diberikan? Apakah ada jawaban lain di luar ini? Silahkan tuliskan di kolom komentar.

sumber foto : https://www.flickr.com/photos/buehlerphoto/

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname