Thursday, March 26, 2015

Tips Wawancara Kerja yang Mungkin Tidak Pernah Anda Pikirkan

tes wawancara kerja

Anda hampir berhasil. Resume anda telah sampai hingga tahap wawancara kerja dan sekarang saatnya anda benar benar mencoba mendapatkan pekerjaan tersebut. Namun, bagaimana tips sukses wawancara kerja yang dapat memberikan anda persiapan yang tepat? Berikut ini adalah tips wawancara kerja yang dapat membantu anda sebelum wawancara, pada saat wawancara dan setelah anda melakukan wawancara.

Carilah mengenai pendapatan perusahaan, laporan perusahaan dan postingan dari blog

Di dunia saat ini, isi adalah raja. Goldman Sachs menerbitkan laporan selama 3 bulan sekali, Microsoft menyimpan data pendapatannya dan setiap perusahaan startup memiliki blog. Dengan banyak informasi di luar sana, maka pastinya anda harus mencari halaman web dari sebuah perusahaan sebelum anda melakukan wawancara. Jika anda belum membaca web dari perusahaan tersebut sama saja seperti anda harus menulis essay mengenai sebuah buku yang belum perah anda baca. Misalnya jika anda diwawancara oleh Google, berikut ini ada dua cara untuk menjawabnya. Contoh pertanyaannya adalah “Apa kesempatan paling besar dari Google di 5 tahun ke depan?” Jawaban yang lemah dari pertanyaan ini adalah apabila anda menjawab “Saya pikir teknologi yang dapat dipakai dapat menjadi hal yang sangat potensial mengingat Google Glass dan Apple Watch memperlihatkan tren baru yang memperlihatkan…” berbeda dengan jawaban yang lebih kuat dengan “Katakan saya pecinta teknologi, tetapi saya telah membaca banyak hal mengenai sumber pendapatan dari Google dan merasa terkejut dengan fakta bahwa bisnis iklan telah mencapai angka 5 juta dollar di beberapa tahun terakhir, sehingga saya pikir…”. Tidak ada jawaban yang salah, tetapi jawaban yang kedua lebih terlihat meyakinkan. Jawaban tersebut memperlihatkan apa yang telah anda lakukan sebelum wawancara dilakukan dan memberikan jawaban dengan data.

Gunakan Google Alerts

Mengikuti berita dari perusahaan perusahaan pastinya sangat sulit, terutama jika anda sedang berada dalam proses wawancara di beberapa tempat dalam satu waktu. Karena itulah, Google Alerts akan menjadi penyelamat anda. Google Alerts adalah sebuah alat yang akan memberikan anda email kapan pun terdapat cerita atau berita baru yang muncul untuk suatu kata yang spesifik. Dengan cara itu, anda bisa mempelajari mengenai kejadian yang paling baru tanpa anda harus mencari mengenai mereka. Misalnya jika anda sedang melamar di suatu agen dengan nama “A”, maka anda bisa membuka www.google.com/alerts, kemudian ketik “A”. Lalu masukkan alamat email anda jika anda belum masuk ke Gmail. Sesegera mungkin anda akan mendapatkan banyak update mengenai agency tersebut dan memiliki amunisi yang tepat untuk wawancara anda.

Gunakan Social Sweepster untuk membersihkan Facebook dan Twitter anda

Sekarang ini 91% perusahaan mencari sosial media anda untuk kemungkinan kebiasaan yang buruk. Walaupun banyak orang yang memperingatkan anda untuk selalu berhati hati pada setiap hal yang anda upload, ada solusi yang lebih mudah. Gunakan Social Sweepster, sebuah aplikasi yang akan mendeteksi foto dari botol bir, dan segala objek yang mungkin mencurigakan. Aplikasi ini bahkan dapat mendeteksi ketidaksopanan dari postingan masa lalu anda. Saat ini terlalu banyak perusahaan yang menolak kandidat hanya karena sesuatu yang mereka temukan di platform sosial mereka. Social Sweepster akan membantu anda untuk memberikan kesan pertama yang terbaik.

Jadwalkan pada hari Selasa jam 10:30 pagi

Tips sukses wawancara kerja yang berikutnya adalah dengan menjadwalkan wawancara kerja anda pada waktu terbaik untuk wawancara yaitu jam 10:30 pagi di hari Selasa. Ingatlah bahwa pewawancara anda memiliki banyak tanggung jawab yang lebih dari sekedar mempekerjakan orang.

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname