Wednesday, January 21, 2015

4 Cara Sukses di Tempat Kerja Baru

4 Cara Sukses di Tempat Kerja Baru
Penerimaan Karyawan Baru
 

Tips Menjadi Karyawan Baru yang Sukses  

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya sukses menanti.... (karyawan sejati, Januari 2015)


Ketika pertama kali masuk kerja sebagai karyawan baru di perusahaan segala macam rasa bercampur di hati (kayak permen aja). Segala macam pertanyaannya bermunculan di kepala : bagaimana ya lingkungan kerjanya, bagaimana calon atasan saya dan lain - lain sebagainya. Namun yang terpenting adalah bagaimana menjadi karyawan yang baik di tempat kerja yang baru.

Untuk rekan - rekan yang baru memasuki dunia kerja di bawah ini adalah beberapa tips yang kami berikan :

1. Berkenalan dan mencari teman (budy) dalam pekerjaan

di dalam artikel http://careernews.web.id disebutkan bahwa mencari teman - teman baru dalam pekerjaan sangat penting.  Karena teman baru di kantor ini bisa membantu kita dalam beradaptasi. Sebagai sarana buat kita untuk kita mempelajari seluk beluk perusahaan. Saya yakin kita semua akan dapat teman kerja yang baik.

2. Mencari mentor 

Selain teman kerja, sebaiknya kita juga mencari mentor. Mentor ini tidak harus atasan kita langsung atau dalam departemen yang sama. Biasanya mentor ini adalah karyawan senior yang sudah cukup lama di perusahaan.
Manfaat mentor adalah sebagai sarana bagi kita pemberi informasi yang bisa dipercaya agar kita bisa sukses dalam bekerja, cepat memahami nilai dan budaya perusahaan sehingga kita bisa melalui masa percobaan dan mempunyai karir yang baik. Sebagai contoh Bu Betti Alisjahbana, CEO IBM Indonesia, bisa menjadi nomor 1 di perusahaannya karena nasihat mentornya.

Di beberapa perusahaan, menurut http://www.jobstreet.co.id mentor disediakan untuk membantu karyawan baru dalam memahami isi dari perusahaan.

3. Menjaga sopan santun

Seperti pepatah, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Di mana pun kita berada tetap menjaga sopan santun. Panggil karyawan yang lebih tua dengan sebutan "Pak", "Mas", "Bu" atau "Mbak" walau pun mereka menjadi bawahan kita, misalnya. Pasang senyum di wajah dan ucapkan salam "assalamu 'alaikum", "selamat pagi" setiap berpapasan dengan para karyawan. 

Jangan sampai kita pekerjaan kita tidak bisa dilaksanankan dengan baik karena tidak disukai rekan - rekan yang lain karena hal yang satu ini.

4. Menjalin komunikasi

Dunia kerja berbeda sekali dengan dunia kita belajar atau sekolah. Di tempat kerja, it's about 'me' but about 'us'. Kerja sama tim sangat penting. Untuk mencapai kerja sama yang baik ini maka komunikasi yang baik jadi mutlak adanya. Dan saya melihat orang - orang yang bisa bersinar di tempat kerja barunya dikarenakan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

Atasan saya pernah bercerita, ada satu perusahaan riset di Amerika yang berhasil dan banyak memenangi hadiah nobel. Ketika ditanya rahasia suksesnya mereka menjawab komunikasi yang baik. Bayangkan perusahaan riset yang lebih "sedikit bicara" saja berani mengklaim bahwa komuniksi yang baik sebagai kunci keberhasilan.

Demikianlah  postingan kami bagaimana menjadi karyawan yang baik di tempat kerja yang baik. Semoga yang baru bekerja dan menjadi karyawan baru di perusahaan bisa melalui masa percobaan dan memperoleh karir yang baik.


sumber gambar :
https://www.flickr.com/photos/departmentofed

link eksternal :
1. https://itbcareercenter.wordpress.com/2013/03/25/10-tips-yang-bermanfaat-untuk-pegawai-baru/
2. http://www.jobstreet.co.id/career-resources/menyelamatkan-karyawan-di-hari-pertama/
3. http://careernews.web.id/tips/view/2894-tip-buat-kamu-karyawan-baru-dari-dag-dig-dug-jadi-makin-yahud

1 comment:

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname