Tuesday, February 3, 2015

5 Sumber Info Lowongan Kerja Versi Karyawan Sejati

lowongan kerja
Siapkan curriculum vitae untuk lowongan kerja

Merasa kurang bergairah setiap pergi ke kantor? Merasa jam kerja terasa lama? Sebentar - sebentar mata kita meliha ke jam dan bertanya kapan saatnya pulang. Padahal hari masih siang. Atau hati ini berteriak kegirangan setiap menjelang pulang atau akhir pekan.

Kalau hal - hal di atas dirasakan, bisa jadi kita telah dihinggapi kejenuhan dalam bekerja. Bisa jadi banyak faktor yang membuat kita tidak merasa betah di tempat kerja sekarang dan mempunyai alasan untuk resign atau mengundurkan diri. Inilah saat yang tepat untuk mencari lowongan kerja atau lowongan terbaru.

Disarankan untuk mencari peluang karir atau lowongan kerja ketika kita sedang memiliki pekerjaan. Karena pada saat itu kita dalam kondisi memiliki kendali dan memiliki daya tawar yang bagus.

1. Surat kabar

Surat kabar merupakan salah satu sumber penyedia info lowongan kerja terbaru. Biasanya pada hari sabtu - minggu banyak terpampang iklan lowoangan pekerjaan. Dari mulai berupa iklan baris yang kecil - kecil sampai dengan iklan satu halaman penuh. Tergantung berapa banyak posisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Jadi kalau kita mencari - cari peluang karir mulailah rajin membaca surat kabar. Selain bertambah pintar, kita bisa mendapatkan kesempatan kerja yang baru.
informasi lowongan kerja
Salah satu info lowongan kerja
sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/spo0ky/

2. Situs penyedia info lowongan kerja

Di zaman internet ini, banyak bermunculan situs - situs penyedia info lowongan pekerjaan. Mulai info lowongan kerja terbaru di Indonesia sampai manca negara.

Caranya pun praktis dan murah. Kita cukup unggah resume atau curriculum vitae (CV) dan situs ini akan mencocokkan dengan pekerjaan - pekerjaan yang ada memasng lowongan di sana. Kalau ada yang sesuai, situs ini akan memberikan email pemberitahuan bahwa ada peluang karir yang bisa kita coba. Praktis bukan?

3. Career development center 

Career development center biasanya erat kaitannya dengan dunia pendidikan tinggi. Setiap tahun perusahaan - perusahaan memasang lowongan pekerjaan di career development center. Biasanya mahasiswa yang baru lulus akan mencoba kesempatan ini. Terkadang career development center ini tidak hanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan saja, tetapi saringan administrasi awal, tes tertulis dan wawancara awalan sudah dilakukan.

Untuk bergabung di career development center, kita tinggal mengisi aplikasi dengan data - data yang dibutuhkan serta melengkapi persyaratan yang diminta seperti salinan ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

Dengan adanya career development center menguntungkan kedua belah pihak. Para mahasiswa yang baru lulus dan butuh pekerjaan dan perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja yang fresh. Selain itu juga lowoangan kerja, pada umumnya, yang disediakan disesuaikan dengan keahlian dari masing - masing perguruan tinggi, sehingga lebih spesifik lagi.

Namun jangan khawatir kalau kita sudah bukan berstatus mahasiswa baru lulus lagi, tidak masalah untuk menitipkan curriculum vitae di career development center.

 

4. Job fair

Setiap tahun selalu diselenggarakan job fair baik itu di kampus - kampus maupun di sarana umum berupa gedung pertemuan atau gelanggang olahraga. Bahkan pelaksanaanya bisa lebih dari sekali dalam setahun.

Di sini beragam perusahaan berkumpul membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai disiplin ilmu, untuk fresh graduate atau berpengalaman, untuk entry level maupun posisi executive.

Kalau ada job fair bawalah surat lamaran dan curriculum vitae (CV) sebanyak - banyaknya. Drop CV di setiap stand yang menawarkan lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi kita. Siapa tahu dari sekian yang kita coba ada yang nyangkut.
5 Sumber Info Lowongan Kerja Versi Karyawan Sejati
Job fair salah satu tempat mencari lowongan kerja
sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/spo0ky/

5. Informasi teman

Terakhir, info lowongan kerja biasanya berasal dari teman dari networking yang kita punya. Hal ini dilakukan karena biasanya posisi yang ditawarkan tidak banyak. Dari pada membuka lowongan di surat kabar atau situs penyedia info lowongan kerja lebih baik mencoba menginfokan melalui networking yang ada.

Kadang - kadang posisi yang ditawarkan tidak hanya posisi operator atau entry level saja, bahkan ada posisi untuk middle manager ke atas.

Yang uniknya ada lebih berhasil menggunakan cara "kuno" ini dibandingkan melalui surat kabar bahkan internet. Kalau ini sih sudah termasuk rezeki masing - masing.


Jadi kalau ada sudah mempunyai alasan untuk mengundurkan diri atau resign cobalah untuk mencari peluang karir di luar sana. Dari kelima sumber info lowongan kerja ini mana yang paling cocok dan membawa keberuntungan bagi Anda? Silahkan isi di kolom komentar. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname