Anda hampir berhasil. Resume anda telah sampai hingga tahap wawancara kerja dan sekarang saatnya anda benar benar mencoba mendapatkan pekerjaan tersebut. Namun, bagaimana
tips sukses wawancara kerja
yang dapat memberikan anda persiapan yang tepat? Berikut ini adalah
tips wawancara kerja yang dapat membantu anda sebelum wawancara, pada
saat wawancara dan setelah anda melakukan wawancara.
Carilah mengenai pendapatan perusahaan, laporan perusahaan dan postingan dari blog
Di
dunia saat ini, isi adalah raja. Goldman Sachs menerbitkan laporan
selama 3 bulan sekali, Microsoft menyimpan data pendapatannya dan setiap
perusahaan startup memiliki blog. Dengan banyak informasi di luar sana,
maka pastinya anda harus mencari halaman web dari sebuah perusahaan
sebelum anda melakukan wawancara. Jika anda belum membaca web dari
perusahaan tersebut sama saja seperti anda harus menulis essay mengenai
sebuah buku yang belum perah anda baca. Misalnya jika anda diwawancara
oleh Google, berikut ini ada dua cara untuk menjawabnya. Contoh
pertanyaannya adalah “Apa kesempatan paling besar dari Google di 5 tahun
ke depan?” Jawaban yang lemah dari pertanyaan ini adalah apabila anda
menjawab “Saya pikir teknologi yang dapat dipakai dapat menjadi hal yang
sangat potensial mengingat Google Glass dan Apple Watch memperlihatkan
tren baru yang memperlihatkan…” berbeda dengan jawaban yang lebih kuat
dengan “Katakan saya pecinta teknologi, tetapi saya telah membaca banyak
hal mengenai sumber pendapatan dari Google dan merasa terkejut dengan
fakta bahwa bisnis iklan telah mencapai angka 5 juta dollar di beberapa
tahun terakhir, sehingga saya pikir…”. Tidak ada jawaban yang salah,
tetapi jawaban yang kedua lebih terlihat meyakinkan. Jawaban tersebut
memperlihatkan apa yang telah anda lakukan sebelum wawancara dilakukan
dan memberikan jawaban dengan data.
Gunakan Google Alerts
Mengikuti berita dari perusahaan perusahaan
pastinya sangat sulit, terutama jika anda sedang berada dalam proses
wawancara di beberapa tempat dalam satu waktu. Karena itulah, Google
Alerts akan menjadi penyelamat anda. Google Alerts adalah sebuah alat
yang akan memberikan anda email kapan pun terdapat cerita atau berita
baru yang muncul untuk suatu kata yang spesifik. Dengan cara itu, anda
bisa mempelajari mengenai kejadian yang paling baru tanpa anda harus
mencari mengenai mereka. Misalnya jika anda sedang melamar di suatu agen
dengan nama “A”, maka anda bisa membuka www.google.com/alerts, kemudian
ketik “A”. Lalu masukkan alamat email anda jika anda belum masuk ke
Gmail. Sesegera mungkin anda akan mendapatkan banyak update mengenai
agency tersebut dan memiliki amunisi yang tepat untuk wawancara anda.
Gunakan Social Sweepster untuk membersihkan Facebook dan Twitter anda
Sekarang
ini 91% perusahaan mencari sosial media anda untuk kemungkinan
kebiasaan yang buruk. Walaupun banyak orang yang memperingatkan anda
untuk selalu berhati hati pada setiap hal yang anda
upload, ada solusi yang lebih mudah. Gunakan
Social Sweepster,
sebuah aplikasi yang akan mendeteksi foto dari botol bir, dan segala
objek yang mungkin mencurigakan. Aplikasi ini bahkan dapat mendeteksi
ketidaksopanan dari postingan masa lalu anda. Saat ini terlalu banyak
perusahaan yang menolak kandidat hanya karena sesuatu yang mereka
temukan di platform sosial mereka.
Social Sweepster akan membantu anda untuk memberikan kesan pertama yang terbaik.
Jadwalkan pada hari Selasa jam 10:30 pagi
Tips sukses wawancara kerja
yang berikutnya adalah dengan menjadwalkan wawancara kerja anda pada
waktu terbaik untuk wawancara yaitu jam 10:30 pagi di hari Selasa.
Ingatlah bahwa pewawancara anda memiliki banyak tanggung jawab yang
lebih dari sekedar mempekerjakan orang.
No comments:
Post a Comment
Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!