Wednesday, April 29, 2015

6 Alasan Karyawan Resign Dari Pekerjaannya Sekarang

Sebelum kita memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri dari tempat kerja sekarang, harus dipastikan apa alasan untuk resign dari pekerjaan sekarang. Ketika alasan kerja sudah didapat, maka kita bisa lebih yakin untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dan bisa menjawab dengan tepat ketika wawancara kerja serta kalau ditanya oleh atasan kita.

Di bawah ini adalah alasan seorang karyawan untuk mengundurkan diri dari tempat kerjanya.

1. Diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil

Alasan resign yang pertama adalah menjadi pegawai negeri sipil. Boleh dikatakan menjadi PNS menjadi impian hampir semua orang: ritme kerja yang tidak seketat pegawai swasta, keamanan pekerjaan yang tinggi dan adanya dana pensiun di hari tua. Ketika ada lowongan cpns, maka berbondong - bondong orang, termasuk orang yang sudah bekerja, untuk melamar menjadi pegawai negeri sipil. Penulis melihat sendiri di tempat kerja sekarang telah terjadi bedol desa karyawan level staff karena banyak yang diterima di beberapa kementerian. Dan atasan penulis mengakui bahwa sulit rasanya menawarkan yang lebih baik untuk menahan karyawan resign kalau mereka diterima menjadi pegawai negeri sipil.

2. Pindah kerja

Karyawan memutuskan mengundurkan diri dari tempat kerja karena pindah kerja ke perusahaan lain. Hal ini disebabkan oleh :
   - gaji dan fasilitas kerja yang lebih baik di tempat baru.
   - posisi yang lebih tinggi; karir yang lebih baik.
   - mencari tempat kerja yang lebih dekat dari tempat tinggal. Tempat kerja sekarang jauh membuat karyawan tidak mempunyai quality time dengan keluarga.
   - Sudah tidak cocok dengan management perusahaan. Beberapa kebijakan management membuat karyawan menjadi tidak betah bekerja dan ini menjadi alasan untuk resign.
   - suasana kerja yang tidak mendukung.
   - berganti profesi. Terkadang ada seorang karyawan merasa jenuh dengan pekerjaannya sekarang. Apalagi kalau ternyata itu bukan passion-nya. Ada seorang formulator RND melamar menjadi seorang sales representative bahan baku karena ingin profesi yang berbeda. Dari yang sering berada di dalam ruangan menjadi banyak di luar.

3. Melanjutkan pendidikan

Ada karyawan yang memutuskan keluar dari pekerjaannya karena mau melanjutkan pendidikan. Biasanya mengambil kuliah S2 baik di dalam maupun di luar negeri. Baik itu untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya sehingga bisa mendapatkan karir yang lebih tinggi atau mau menjadi tenaga pengajar/ dosen.

4. Masalah keluarga

Faktor Keluarga bisa menjada alasan resign seorang karyawan. Ada karyawati yang baru menikah, mengajukan diri untuk resign karena dilarang suami atau mau fokus menjadi ibu rumah tangga yang baik.Ada karyawati yang mengundurkan diri dari tempat kerja karena baru mempunyai anak. Anaknya tidak ada yang mengasuh sehingga mau tidak mau harus dia yang turun tangan. Ada juga yang resign dari tempat kerja karena harus merawat orang tuanya yang sudah tua atau sakit keras. Penulis sendiri mempunyai teman yang rela kelaur dari tempat kerjanya karena harus merawat bapaknya yang gagal ginjal.

5. Membuka usaha sendiri 

Menjadi pengusaha menjadi alasan karyawan resign dari tempat kerjanya. Ada sebagian karyawan yang mempunyai cita - cita menjadi pengusaha; tidak selamanya mau menjadi karyawan. Menjadi pengusaha ada peluang kebebasan finansial dan waktu kerja yang lebih fleksibel karena kita yang mengaturnya. Untuk mencapai ini ada yang sudah bertahun - tahun mengumpulkan modal dan mencari peluang usaha, bahkan ada yang sudah merintis usahanya ketika masih bekerja.

6. Terlibat masalah di tempat kerja

alasan resign kerja

Kalau kelima alasan untuk resign di atas berasal dari diri karyawan sendiri, maka alasan kelima ini disebabkan oleh kebijakan perusahaan. Ada perusahaan yang tidak mentolelir tindakan karyawan yang melanggar peraturan perusahaan seperti : terlibat pencurian, berkelahi atau selingkuh. Kalau ketahuan biasanya perusahaan mengambil tindakan tegas dan meminta karyawan untuk mengundurkan diri. Penulis sendiri menjadi saksi ada karyawan yang dikeluarkan hari itu juga karena ketahuan mencuri produk walau pun satu pieces.

Demikian beberapa alasan untuk resign dari tempat kerja yang bisa kita gunakan ketika ditanya oleh atasan kita. Silahkan ditambahkan di kolom komentar kalau ada yang terlewat.

sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/dave77459/

No comments:

Post a Comment

Wahai Karyawan Seluruh Dunia, Berkomentar-lah!

Comments system

Disqus Shortname